Contoh Skripsi,Tesis, Jurnal, Bahan Kuliah, Artikel, dll

ANALISIS TINGKAT KESULITAN SOAL / JOB PRAKTIK UNTUK LOMBA PKS BIDANG LOMBA MESIN PRODUKSI

Paryanto, paryanto ANALISIS TINGKAT KESULITAN SOAL / JOB PRAKTIK UNTUK LOMBA PKS BIDANG LOMBA MESIN PRODUKSI. JPTK . (Unpublished)


PDF
7Kb

Abstract

Dengan ditunjuknya jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNY menjadi pelaksana dalam lomba Promosi Kompetensi Siswa (PKS) tentunya memberikan sebuah konsekuensi tertentu yang harus dijalankan agar pelaksanaan lomba PKS tersebut dapat berjalan dengan lancar dan dapat melahirkan juara-juara yang betul-betul kompeten di bidang permesinan, sehingga siswa yang juara tersebut dapat bersaing di tingkat Nasional. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis tingkat kesulitan dari soal atau job kerja praktik yang telah disusun dan selama ini digunakan dalam lomba PKS. Subyek penelitian ini adalalah siswa SMK peserta lomba PKS se-karesidenan Kedu, Surakarta, DIY, dan Semarang. Sedangkan obyek penelitian ini adalah benda kerja hasil lomba. Banyaknya obyek penelitian ini adalah 64 benda kerja hasil pekerjaan dari 64 siswa SMK peserta lomba PKS tersebut. Untuk mengetahui tingkat kesulitan soal/job ini dilakukan dengan mencari Indeks Kesukaran dari masing-masing jenis pekerjaan dalam job tersebut. Dari analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa soal/job praktik yang telah disusun tersebut adalah baik atau normal, dalam artian jenis-jenis pekerjaan yang ada dalam soal/job tersebut tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah. Dari beberapa kegagalan yang dilakukan peserta, dapat dilakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu mesin yang digunakan tidak presisi, alat ukur yang digunakan tidak akurat, kemampuan atau kompetensi yang dimiliki siswa memang kurang, mental peserta lomba kurang baik.
Tipe Item:Article

ANALISIS TINGKAT KESULITAN SOAL / JOB PRAKTIK UNTUK LOMBA PKS BIDANG LOMBA MESIN PRODUKSI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andre tupang

0 comments:

Post a Comment