Contoh Skripsi,Tesis, Jurnal, Bahan Kuliah, Artikel, dll

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDASARKAN HASIL INQUIRY PADA PRAKTIK LAS ASITILIN DALAM MATA KULIAH PRAKTIK FABRIKASI II JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Dwi Djatmiko , Riswan and Pradoto, (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDASARKAN HASIL INQUIRY PADA PRAKTIK LAS ASITILIN DALAM MATA KULIAH PRAKTIK FABRIKASI II JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN. [Research]


Preview
PDF
99Kb

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar Praktik OAW mahasiswa yang proses pembelajarannya menggunakan metode Inquiry; 2) Perbedaan prestasi belajar Praktik OAW antara mahasiswa yang proses pembelajarannya menggunakan metode Inquiry dengan yang tidak; dan 3) Peningkatan prestasi belajar Praktik OAW mahasiswa yang proses pembelajarannya menggunakan metode Inquiry. Jenis penelitian adalah penelitian Quasi Experiment dengan populasi seluruh mahasiswa yang mengkuti mata kuliah Praktik Fabrikasi. Sample yang diambil sebanyak 68 orang yang dikelompokkan menjadi dua, 1 kelompok eksperimen dan 1 kelompok kontrol. Prestasi belajar dianalisis dengan analisis deskriptif dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar digunakan Uji-t sampel independen, sedangkan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dianalisis dengan Uji-tsampel berkorelasi. Sebelum dianalisis dilakukan uji persyaratan analisis yaitu Homogenitas dan Normalitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rerata prestasi belajar kelompok eksperimen pada awal adalah 75,13, dan setelah perlakuan sebesar 84,67. Rerata Kelompok Kontrol: awal sebesar 73,91 dan akhir sebesar 77,66; 2) Ada perbedaan prestasi belajar Praktik OAW secara signifikan antara mahasiswa yang belajar dengan metode Inquiry dengan yang tidak; dan 3) Ada peningkatan prestasi belajar Praktik OAW setelah mahasiswa menjalani proses pembelajaran dengan metode Inquiry.

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDASARKAN HASIL INQUIRY PADA PRAKTIK LAS ASITILIN DALAM MATA KULIAH PRAKTIK FABRIKASI II JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andre tupang

0 comments:

Post a Comment