Contoh Skripsi,Tesis, Jurnal, Bahan Kuliah, Artikel, dll

KARAKTERISASI DAN UJI KINERJA SPEEK, cSMM DAN NAFION MEMBRAN UNTUK APLIKASI DIRECT METHANOL FUEL CELL (DMFC)

Dhuhita, Anindyati and Kusuma Arti, Dewi (2010) KARAKTERISASI DAN UJI KINERJA SPEEK, cSMM DAN NAFION MEMBRAN UNTUK APLIKASI DIRECT METHANOL FUEL CELL (DMFC). Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Kimia UNDIP.

Abstract

Pada penelitian ini difokuskan pada karakterisasi membran untuk aplikasi Direct Methanol Fuel Cell (DMFC. Membran yang digunakan untuk DMFC adalah dari jenis PEEK. Membran PEEK telah dimodifikasi dengan menggunakan proses sulfonasi dan charged surface modifying macromolecule (cSMM) menggunakan MDI, DEG dan HBS dalam pelarut NMP. Karakteristik membran yang diteliti yaitu morfologi membran, water uptake, sudut kontak, stabilitas thermal, permeabilitas metanol, konduktivitas proton, dan uji ke dalam DMFC. Aplikasi ke dalam DMFC dilakukan pada suhu ruangan untuk memperoleh kurva polarisasi yang menunjukkan voltase dan daya listrik pada setiap variabel. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa metode cSMM meningkatkan water uptake, stabilitas thermal, permeabilitas methanol dan konduktivitras proton. Dalam hal morfologi, modifikasi cSMM menunjukkan hasil yang memuaskan. Dalam hal uji DMFC, SPEEK tanpa modifikasi menunjukkan performa terbaik dalam stabilitas karena memiliki permeabilitas methanol yang rendah. Sebaliknya, SPEEK/cSMM (dengan modifikasi) menghasilkan voltase dan daya listrik tertinggi karena memiliki konduktivitas proton yang tinggi.

KARAKTERISASI DAN UJI KINERJA SPEEK, cSMM DAN NAFION MEMBRAN UNTUK APLIKASI DIRECT METHANOL FUEL CELL (DMFC) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andre tupang

0 comments:

Post a Comment