Contoh Skripsi,Tesis, Jurnal, Bahan Kuliah, Artikel, dll

KATALIS LTS LK-821-2 SEBAGAI SULFUR GUARD UNIT DESULFURIZER PABRIK AMONIAK KALTIM 2 PUPUK KALTIM

Widodo,, Anton Sri and Suharyoso, Suharyoso (2010) KATALIS LTS LK-821-2 SEBAGAI SULFUR GUARD UNIT DESULFURIZER PABRIK AMONIAK KALTIM 2 PUPUK KALTIM. In: SEMINAR REKAYASA KIMIA DAN PROSES, 4-5 Agustus 2010, 4-5 Agustus 2010, Jurusan Teknik Kimia Fak.Teknik UNDIP Semarang.


PDF - Published Version
205Kb

Abstract

Sulfur merupakan racun terhadap katalis Primary Reformer pabrik amoniak. Pengaruh yang ditimbulkan dari lolosnya sulfur terhadap katalis nikel adalah tertutupinya permukaan aktif katalis, sehingga mengakibatkan terbentuknya karbon dari cracking gas proses, kenaikan pressure drop pada tube katalis akibat katalis caking dan kerusakan yang irreversible pada katalis. Untuk mengurangi pengaruh lolosnya sulfur ke Primary Reformer, maka dilakukan reduksi sulfur dalam gas proses pada unit Desulfurizer. Katalis yang umum digunakan pada tersebut adalah katalis CoMo yang berfungsi mengubah sulfur organik menjadi sulfur anorganik dan adsorbent ZnO yang berfungsi menyerap sulfur anorganik pada gas proses. Pada unit ini, sulfur direduksi sampai batasan < 0,05 ppm. Namun, ada kemungkinan terjadinya reaksi balik dari reaksi penyerapan sulfur oleh adsorbent ZnO yang disebabkan karena adanya kandungan CO2 dalam gas proses maka perlu dilakukan modifikasi pada unit desulfurizer tersebut. Modifikasi yang dilakukan adalah dengan menambahkan katalis LTS LK-821-2 (basis Cu) pada bed paling bawah unit desulfurizer yang berfungsi sebagai sulfur guard. Hasil modifikasi ini cukup berhasil dalam mereduksi sulfur yang lolos ke Primary Reformer. Beberapa dampak positif ini antara lain sulfur yang lolos ke Primary Reformer terjaga sebesar < 0,05 ppm dan secara visual tidak nampak hotspot di permukaan tube katalis Primary Reformer.

KATALIS LTS LK-821-2 SEBAGAI SULFUR GUARD UNIT DESULFURIZER PABRIK AMONIAK KALTIM 2 PUPUK KALTIM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andre tupang

0 comments:

Post a Comment