Contoh Skripsi,Tesis, Jurnal, Bahan Kuliah, Artikel, dll

PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI PEKTIN DAN ASAM SITRAT TERHADAP MUTU SELAI SIWALAN (Borassus flabellifer)

LILIK SUGIARTI

DOI: SUGIARTI, LILIK (2006) PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI PEKTIN DAN ASAM SITRAT TERHADAP MUTU SELAI SIWALAN (Borassus flabellifer). Undergraduate thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Abstract

Buah siwalan merupakan buah yang teksturnya kenyal, namun sampai saat ini pemanfaatannya masih terbatas yaitu dinikmati secara langsung, sebagai campuran es minuman khas siwalan dan belum menyadari bahwa siwalan dapat dibuat menjadi produk olahan buah yaitu selai. Selai merupakan salah satu produk pangan semi basah, pada umumnya dalam pembuatan selai sering timbul masalah yaitu selai terlalu encer/keras. Untuk mencegah agar tidak terjadi hal tersebut maka dalam pembuatan selai perlu ditambahkan bahan penunjang misalnya berupa pektin dan asam sitrat, karena pemberian bahan tersebut akan membentuk gel yang kokoh, yang dalam pemberiannya harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi pektin dan asam sitrat terhadap mutu selai siwalan dan untuk mengetahui Penambahan konsentrasi (pektin dan asam sitrat) yang menghasilkan produk selai yang mempunyai mutu terbaik. Populasi dalam penelitian ini adalah buah siwalan dengan ciri-ciri buahnya segar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 2700 gram buah siwalan dan diambil secara simple random sampling. Rancangan percobaan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan acak lengkap yang disusun secara faktorial dimana ada 2 faktor perlakuan yaitu faktor I (Penambahan konsentrasi Pektin 0, 75%, 1%, 1, 25%) dan faktor II (Penambahan konsentrasi Asam sitrat 0, 30%. 0, 35%. 0, 40%) dan 3 ulangan. Sedangkan untuk analisis menggunakan anava 2 faktor dan dilanjutkan uji Duncan’ s dari sidik ragam menunjukkan bahwa Fhitung > F tabel 5% berarti bahwa pektin dan asam sitrat berpengaruh terhadap mutu selai siwalan, sedangkan secara keseluruhan perlakuan yang terbaik adalah perlakuan P2A3 (Penambahan konsentrasi Pektin 1 % dan Penambahan konsentrasi Asam sitrat 0, 40%).

PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI PEKTIN DAN ASAM SITRAT TERHADAP MUTU SELAI SIWALAN (Borassus flabellifer) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bona Pasogit

0 comments:

Post a Comment