Contoh Skripsi,Tesis, Jurnal, Bahan Kuliah, Artikel, dll

PENGARUH PENGGUNAAN KATALIS MgSO4 TERHADAP REAKSI DEGRADASI GLISEROL PADA KONDISI DEKAT AIR SUBKRITIS DAN SUPERKRITIS

Citra A. U.,, Citra A. U., and Norita B.,, Norita B., and Yuniati, Yuyun and Octavia N.,, Eva (2010) PENGARUH PENGGUNAAN KATALIS MgSO4 TERHADAP REAKSI DEGRADASI GLISEROL PADA KONDISI DEKAT AIR SUBKRITIS DAN SUPERKRITIS. In: SEMINAR REKAYASA KIMIA DAN PROSES 2010, 4-5 Agustus 2010, Jur.Teknik Kimia Fak.Teknik UNDIP Semarang.


PDF - Published Version
347Kb

Abstract

Gliserol merupakan produk samping dari pembuatan biodiesel dan sabun. Nilai jual gliserol kecil, tidak sebanding dengan mahalnya proses pemurnian crude gliserol. Melakukan proses degradasi gliserol pada kondisi dekat air subkritis dan superkritis dengan penambahan katalis dipilih sebagai salah satu metode untuk meningkatkan konversi salah satu produk degradasi gliserol menjadi produk antara yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh penggunaan katalis MgSO4 terhadap reaksi degradasi gliserol pada kondisi dekat air subkritis dan superkritis dan untuk mengetahui selektivitas serta yield dari berbagai produk yang terbentuk. Campuran gliserol – air dan katalis dengan konsentrasi 8 : 1 dan 10 : 1 yang berada dalam suatu reaktor batch dinaikkan tekanannya dengan gas nitrogen lalu dipanaskan hingga mencapai kondisi dekat air subkritis dan superkritis. Produk yang dihasilkan dari degradasi gliserol menggunakan katalis MgSO4 berupa asetaldehid dan metanol dianalisis dengan menggunakan GC (Gas Chromatography) untuk mengetahui besarnya konversi produk yang dihasilkan dari reaksi degradasi gliserol.

PENGARUH PENGGUNAAN KATALIS MgSO4 TERHADAP REAKSI DEGRADASI GLISEROL PADA KONDISI DEKAT AIR SUBKRITIS DAN SUPERKRITIS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andre tupang

0 comments:

Post a Comment