BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
CV Balqis Queen, salah satu produsen sabun mandi, harus menghadapi persaingan yang ketat. Kuatnya produk lama bertahan di pasar dan munculnya merk-merk produk atau varian baru di pasaran menjadi salah satu indikatornya. Berdasar data dari badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) dalam rentang empat bulan, dari bulan Januari sampai dengan April 2005, telah dikeluarkan lima puluh satu ijin edar baru untuk produk sabun mandi (POM,2005). Kenyataan ini berdampak pada iklim persaingan yang kompetitif.
Menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka CV Balqis Queen memerlukan strategi agar bisa bertahan. Salah satu strategi persaingan adalah dengan mengembangkan produk (Ulrich,2001). Dalam melakukan pengembangan produk harus berfokus pada pelanggan karena apapun yang dilakukan manajemen tidak akan ada gunanya bila tidak berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan (Tjiptono,2002). Oleh karena itu, pengembangan produk dengan fokus kebutuhan pelanggan akan menjadi salah satu strategi untuk memenangkan persaingan.
Pengembangan produk sebaiknya menggunakan metode yang terstruktur (Ulrich,2001). Pengembangan produk harus diawali dengan identifikasi kebutuhan pelanggan (Ulrich,2001). Proses identifikasi kebutuhan pelanggan bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang penting dan berhubungan dengan kepuasan pelanggan sebagai dasar dalam langkah pengembangan produk selanjutnya.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang maka dapat diperoleh rumusan masalah sebagai berikut :
1. Perlu diketahui apa saja atribut-atribut yang harus diperhatikan karena berkaitan langsung dengan kebutuhan dan kepuasaan pelanggan produk sabun mandi.
2. Perlunya mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan dari masing-masing atribut bagi pelanggan
3. Perlunya menentukan prioritas atribut yang harus dikembangkan
4. Perlunya perancangan pengembangan produk sabun mandi produksi CV Balqis Queen
Home »
Industrial Engineering »
thesis »
PENGEMBANGAN PRODUK KONSUMEN DENGAN FOKUS KEBUTUHAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Produk Sabun Mandi CV Balqis Queen Solo) (TIS-01)
PENGEMBANGAN PRODUK KONSUMEN DENGAN FOKUS KEBUTUHAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Produk Sabun Mandi CV Balqis Queen Solo) (TIS-01)
Artikel Terkait PENGEMBANGAN PRODUK KONSUMEN DENGAN FOKUS KEBUTUHAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Produk Sabun Mandi CV Balqis Queen Solo) (TIS-01) :
SKRIPSI TEKNIK SIPIL struktur 1. SKRIPSI PERENCANAAN RUMAH TINGGAL SWADAYA PATEMON (Jl.Patemon - Semarang) (Download Skripsi Teknik) 2. SKRIPSI PENGARUH PENA ...
SKRIPSI TEKNIK MESIN (baru)1. SKRIPSI PENGARUH TEMPER DENGAN QUENCHING MEDIA PENDINGIN OLI MESRAN SAE 40 TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS BAJA ST 60(Downloa ...
ANALISA PENGARUH WAKTU TAHAN TERHADAP BAJA KARBON RENDAH DENGAN METODE PACK CARBURISING (TM-02)BAB I PENDAHULUAN 1.1. Pendahuluan Semakin meningkatnya perkembangan hidup manusia maka jamanpun ikut berkembang dengan pesat. ...
Analisis Keterserapan Tenaga Kerja pada Industri Kecil di Wilayah Kabupaten Boyolali dengan Pendekatan Sistem DynamicAnalisis Keterserapan Tenaga Kerja pada Industri Kecil di Wilayah Kabupaten Boyolali dengan Pendekatan Sistem DynamicANDRIYANI, A ...
Analisis Mode Kegagalan Drop Call pada Telkom Flexi dengan Menggunakan Metode FMEA (Studi Kasus pada Divisi Fixed wireless Network RO Semarang PT. TELAnalisis Mode Kegagalan Drop Call pada Telkom Flexi dengan Menggunakan Metode FMEA (Studi Kasus pada Divisi Fixed wireless Netw ...
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment