Contoh Skripsi,Tesis, Jurnal, Bahan Kuliah, Artikel, dll

PENGENDALIAN FOULING MEMBRAN ULTRAFILTRASI DENGAN SISTEM AUTOMATIC BACKWASH DAN PENCUCIAN MEMBRAN

Sulistyani, Erika and Fitrianingtyas, Meike (2010) PENGENDALIAN FOULING MEMBRAN ULTRAFILTRASI DENGAN SISTEM AUTOMATIC BACKWASH DAN PENCUCIAN MEMBRAN. In: "Seminar Tugas Akhir S1 Teknik Kimia UNDIP 2010", Jurusan Teknik Kimia UNDIP. (Submitted)


PDF
221Kb

Abstract

Teknologi membran ultrafiltrasi merupakan salah satu teknologi untuk pengolahan air dan limbah. Teknologi ini dapat mengontrol mikroorganisme pathogen kecil seperti virus dengan sangat efektif dan mengurangi kekeruhan air. Ultrafiltrasi bekerja berdasarkan ukuran partikel. Hal yang menjadi tantangan terberat dalam teknologi membran adalah terbentuknya fouling membran. Fouling ini menyebabkan penurunan fluks dan efektivitas membran. Fouling ini dapat berupa endapan organik (makromolekul, substansi biologi), endapan inorganik (logam hidroksida, garam kalsium) dan partikulat. Salah satu cara untuk mengurangi terbentuknya fouling dengan menggunakan system automatic backwash. Dengan adanya system ini terjadi penurunan fluks sekitar 25% dari laju awal dalam waktu 22 hari dan sebaliknya dengan tidak adanya sistem automatic backwash penurunan fluks terjadi sekitar 55% dari laju awal untuk limbah laundry dan 11% dari laju alir awal untuk air detergen dalam waktu 4 jam. Hal ini tergantung dari jenis umpan yang akan disaring. Pencucian dengan menggunakan asam sitrat dan NaOH setelah penyaringan air sumur memberikan hasil yang cukup signifikan untuk peningkatan laju alir (fluks) yaitu dari 45 L/jam menjadi 49 L/jam(setelah penyaringan air sumur) dan 15 L/jam menjadi 23 L/jam (setelah penyaringan air detergen). Pencucian dengan menggunakan NaOH dilakukan setelah penyaringan air limbah laundry menunjukkan bahwa laju alir (fluks) mengalami kenaikan yang signifikan dari 22,5 L/jam menjadi 33,5 L/jam dan penurunan tekanan dari 10 psi menjadi 8 psi.

PENGENDALIAN FOULING MEMBRAN ULTRAFILTRASI DENGAN SISTEM AUTOMATIC BACKWASH DAN PENCUCIAN MEMBRAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bona Pasogit

0 comments:

Post a Comment