Contoh Skripsi,Tesis, Jurnal, Bahan Kuliah, Artikel, dll

Produksi Enzim Selulase oleh Aspergillus niger Menggunakan Substrat Jerami dengan Sistem Fermentasi Padat

Sa’adah,, Zulfatus and Ika S.,, Noviana (2010) Produksi Enzim Selulase oleh Aspergillus niger Menggunakan Substrat Jerami dengan Sistem Fermentasi Padat. In: "Seminar Tugas Akhir S1 Teknik Kimia UNDIP 2010", Jurusan Teknik Kimia UNDIP.

PDF
176Kb

Abstract

Jerami padi merupakan limbah pertanian terbesar di Indonesia. Potensi selulosa dalam jerami padi yang besar dapat dimanfaatkan sebagai substrat dalam produksi selulase sehingga dapat menambah nilai ekonomi pada jerami padi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memproduksi enzim selulase dan mengetahui pengaruh moisture content dan waktu fermentasi tehadap produksi enzim. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah sistem fermentasi padat. Penelitian dilakukan dalam erlenmeyer dengan variabel tetap antara lain nutrien dalam media (urea 30 mg, MgSO4.7H2O 5 mg, KH2PO4 2,3 mg), pH awal fermentasi 5, dan temperatur fermentasi 30˚C. Variabel berubah yang digunakan yaitu variabel moisture content 75%, 80%, 85%, 90% dan variabel waktu 48 jam, 72 jam, 96 jam, 120 jam, 144 jam. Hasil fermentasi diekstrak dan disentrifugasi sehingga dihasilkan enzim selulase. Kemudian enzim selulase yang dihasilkan dianalisa kadar proteinnya dengan metode Lowry dan diuji aktivitasnya dengan metode DNS (3,5-dinitrosalicylic acid). Hasil percobaan menunjukkan bahwa substrat jerami dapat digunakan untuk memproduksi enzim selulase oleh Aspergillus niger dengan kadar protein (enzim) tertinggi yang dihasilkan 1,28 g/liter dengan aktivitas enzim tertinggi 7,29 gram glukosa/liter. Aktivitas enzim paling optimum diperoleh pada variabel moisture content 80% dan waktu fermentasi 96 jam.

Produksi Enzim Selulase oleh Aspergillus niger Menggunakan Substrat Jerami dengan Sistem Fermentasi Padat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bona Pasogit

0 comments:

Post a Comment