rssrss

Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kreativitas Industri Kerajinan Batik

Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kreativitas Industri Kerajinan Batik

AMALIA, AMALIA (2009) Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kreativitas Industri Kerajinan Batik. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
[img]PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Industri kreatif merupakan salah satu industri yang saat ini menjadi strategi pembangunan industri di Indonesia. Industri batik merupakan salah satu industri kreatif yang termasuk dalam sektor kerajinan. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kreativitas dan perbedaan faktor dominan pengembangan kreativitas di industri batik berskala kecil, menengah, dan besar, sehingga dari ketiga skala industri ini dapat dilakukan upaya-upaya pengembangan kreativitas. Penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan angket pada ketiga kelompok industri batik. Obyek penelitian adalah PT. Tri Ratna Batik (industri kecil), CV. Tobal Batik (industri menengah), dan PT. Batik Danar Hadi (industri besar). Variabel yang diteliti pada ketiga industri yaitu SDM kreatif, pekerjaan kreatif, konteks organisasi, lingkungan, dan inovasi produk. Berdasarkan data observasi dan penilaian angket yang telah valid dan teruji keandalannya, ketiga industri sama-sama kreatif, karena total nilai mean dan modus secara keseluruhan berada pada rentang 3.01 sampai 4. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kreativitas pada: (1) variabel SDM kreatif yaitu motivasi, bakat/minat, komunikasi, dan kompetensi; (2) variabel pekerjaan kreatif yaitu pekerjaan, kepemimpinan, dan kewirausahaan; (3) variabel konteks organisasi yaitu kinerja perusahaan, kebijakan, struktur dan budaya organisasi, serta sistem komunikasi; (4) variabel lingkungan yaitu pemberdayaan sumberdaya eksternal, teknologi, persaingan, dan peraturan pemerintah; (5) variabel inovasi produk yaitu desain, bahan, alat, dan pemanfaatan limbah batik. Secara keseluruhan, pada semua variabel terdapat faktor-faktor yang mendukung pengembangan kreativitas. Faktor dominan pada variabel SDM kreatif terletak pada komunikasi (IK, IB), dan motivasi (IB). Faktor dominan pada variabel pekerjaan kreatif adalah pekerjaan (IK) dan kepemimpinan (IM, IB). Faktor dominan variabel inovasi produk adalah desain (IK, IM, IB) dan juga alat (IM). Faktor dominan variabel konteks organisasi ketiga industri, sama, yaitu kebijakan. Faktor dominan variabel lingkungan adalah sama pada ketiga industri yaitu pemberdayaan sumber daya eksternal. Ketiga industri termasuk dalam kategori kreatif, meskipun faktor dominan pengembangan kreativitas pada ketiga industri, berbeda. Kreativitas masih perlu ditingkatkan, terutama pada faktor kritis. Pada industri kecil dan besar, faktor kritisnya adalah alat. Kedua industri harus mengembangkan kreativitas mereka agar dapat membuat inovasi alat sendiri, sehingga tidak memiliki ketergantungan terhadap pengrajin alat dan impor luar negeri. Faktor kritis di industri menengah yaitu teknologi, dimana industri ini sebaiknya membuka diri terhadap perkembangan zaman dan teknologi. ABSTRACT Creative industry represent one of industry which in this time become industrial development strategy in Indonesia. Batik industry is one of creative industry which included in crafting sector. This research purpose is to reveal factors influencing creativity development and difference of creativity development dominant factor in small, medium, and large scale of batik industry, so that from this third industrial scale can be done creativity development efforts. Research was conducted with observation method, interview, and questioner to the three batik industry group. Research object are PT. Tri Ratna Batik (small scale industry), CV. Tobal Batik (medium scale industry), and PT. Batik Danar Hadi (large scale industry). Observed variable were creative person, creative task, organizational context, environment, and product innovation. Based on observation data and assessment of valid and reliable questioner, all the industry are creative, since total mean and modus value are in the interval of 3.01 until 4. Some factors which influence creativity development in: (1) variable of creative person are motivation, talent/interest, communication, and competency; (2) variable of creative task are task, leadership, and entrepreunership; (3) variable of organizational context are company performance, policy, organizational culture and structure, and also communication system; (4) variable of environment are empowering external resources, technology, competition, and government regulation; (5) variable of product innovation are designs, materials, tools, and reused of batik waste. Generally, in all variables, there are many factors supporting creativity development. Dominant factors in creative person obtained communications (IK, IB), and motivation (IB). Dominant factors in creative task are task (IK) and leadership (IM, IB). Dominant factors in product innovation are design (IK, IM, IB) as well as tools (IM). Dominant factors in organizational context are same in all industries is policy. Dominant factors in environment are same in all industries that is empowering of external resources. All the industries are included in creative category, even though the dominant factors of creativity development are different. Creativity is still need to be improved, especially in critical factor. Critical factor found in large and small scale industry are tools. They have to develop their creativity for tools innovation of their own, and neglected the role of tools craftsman and imported tools / spareparts. Critical factor found in medium scale industry is technology, where the industry need to expose theirselves to new technology development.

0 comments:


Post a Comment

Success Quote

 

Blog tools

Page Ranking Tool



Blog Directory