Contoh Skripsi,Tesis, Jurnal, Bahan Kuliah, Artikel, dll

STUDI KINETIKA PENJERAPAN ION KHROMIUM DAN ION TEMBAGA MENGGUNAKAN KITOSAN PRODUK DARI CANGKANG KEPITING

Tanindya A, Ajeng and Fitriasti, Dina (2010) STUDI KINETIKA PENJERAPAN ION KHROMIUM DAN ION TEMBAGA MENGGUNAKAN KITOSAN PRODUK DARI CANGKANG KEPITING. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UNDIP.


PDF
1349Kb

Abstract

Cangkang kulit kepiting yang banyak mengandung protein dan zat kitin dapat diolah menjadi kitosan yang memiliki banyak kegunaan. Kitosan adalah biopolimer alami yang dapat dirombak secara biologis. Tujuan penelitian ini adalah mencari data kinetika adsorpsi yaitu data tentang kapasitas kitosan dalam menjerap logam chromium dan tembaga sebagai fungsi waktu. Proses pembuatan kitosan meliputi empat tahap yaitu deproteinasi, demineralisasi, decolorisasi, dan deasetilasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas kitosan memiliki derajat deasetilasi sebesar 70,4 %. Variabel yang digunakan adalah penambahan (10 dan 20 gr kitosan) terhadap jenis logam berat (Cu, Cr, dan limbah gabungan Cu dan Cr). Hasil uji aplikasi kitosan sebagai adsorben ion Cu dan Cr menunjukkan bahwa pada larutan Cu (10 gr kitosan menjerap 99,81 % dan 20 gr kitosan menjerap 99,95 %) sedangkan pada larutan Cr (10 gr kitosan menjerap 99,44 % dan 20 gr kitosan menjerap 99,61 %). Setelah proses adsorpsi, dilakukan regenerasi kitosan agar kitosan yang telah digunakan untuk menjerap logam berat dapat digunakan kembali. Untuk proses regenerasi kitosan dilakukan dengan cara desorpsi menggunakan larutan asam sulfat (H2SO4) dengan perbandingan kitosan dan H2SO4 adalah 1:50 dengan pengadukan selama 24 jam. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan Langergen kinetika orde satu semu dan orde dua semu. Diperoleh hasil bahwa kinetika kitosan dalam menjerap logam lebih mendekati pada model persamaan orde dua semu.

STUDI KINETIKA PENJERAPAN ION KHROMIUM DAN ION TEMBAGA MENGGUNAKAN KITOSAN PRODUK DARI CANGKANG KEPITING Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bona Pasogit

0 comments:

Post a Comment