Contoh Skripsi,Tesis, Jurnal, Bahan Kuliah, Artikel, dll

TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI RAMBUT PALSU DENGAN CARA KIMIA DAN BIOLOGI AEROB

Susana, Eni and Suyaningsih, Tri (2010) TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI RAMBUT PALSU DENGAN CARA KIMIA DAN BIOLOGI AEROB. In: "Seminar Tugas Akhir S1 Teknik Kimia UNDIP 2010", Jurusan Teknik Kimia UNDIP.


PDF
279Kb

Abstract

Sumber limbah cair dari industri rambut palsu di Purbalingga terutama berasal dari pencucian bahan baku rambut asli maupun sintesis. Hasil dari pengolahan limbah cair ini belum memenuhi standar untuk dibuang ke badan air penerima. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan teknologi pengolahan air limbah industri rambut palsu secara kimia dan biologi sehingga limbah cair tersebut dapat memenuhi Baku Mutu Limbah Cair. Sampel air limbah diambil dari IPAL PT. Indokores Sahabat. Uji laboratorium dilakukan secara koagulasi flokulasi dengan alat Jar Test, ini dilakukan untuk membandingkan kinerja koagulan yang digunakan untuk mengendapkan padatan tersuspensi pada limbah cair. Berdasarkan hasil Jar Test dapat ditentukan kondisi optimal koagulan yang dilanjutkan pada proses biologi aerob dengan metode lumpur aktif. Koagulan yang digunakan adalah Poly Aluminium Chloride (PAC) dan Ferro Sulfat dengan konsentrasi 20%. Parameter yang akan diuji adalah Chemical Oxygen Demand (COD), kekeruhan, jumlah endapan limbah dan Biologycal Oxygen Demand (BOD). Hasil dari Jar Test bahwa penurunan COD yang paling besar adalah pada dosis PAC 20% sejumlah 0,5 ml (untuk 500 ml air limbah) pada pH 6 dengan % penurunan COD 78,29 % dan penurunan kekeruhan 95,79 %. Sedangkan proses lumpur aktif, kondisi operasi optimal proses pengolahan biologi tersebut dicapai dengan waktu aerasi 16 jam, dengan % penurunan COD = 81,75 % dan BOD = 75,57 %.

TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI RAMBUT PALSU DENGAN CARA KIMIA DAN BIOLOGI AEROB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bona Pasogit

0 comments:

Post a Comment